Senin, 18 Mei 2015

Kuasai Ramadi Irak, ISIS Datangi Rumah Warga Untuk Cari Polisi dan Milisi

Kuasai Ramadi Irak, ISIS Datangi Rumah Warga Untuk Cari Polisi dan MilisiPara militan ISIS mendatangi rumah-rumah warga di kota Ramadi, Irak untuk mencari polisi dan para pejuang pro-pemerintah. Ini dilakukan setelah kelompok radikal tersebut menyerang dan berhasil menguasai kota strategis tersebut. Ini merupakan kemenangan terbesar ISIS sejak menguasai sebagian besar wilayah Irak utara dan barat tahun lalu.

Sekitar 500 warga sipil dan tentara tewas di tangan ISIS sejak kelompok itu melancarkan serangan ke Ramadi pada Jumat, 15 Mei lalu. 

Menurut warga setempat seperti dilansir Reuters, Selasa (19/5/2015), para militan ISIS mendatangi rumah ke rumah dengan membawa daftar para milisi simpatisan pemerintah.

Mereka juga membobol rumah-rumah polisi dan pejuang pro-pemerintah, khususnya mereka yang berasal dari suku Al Bu Alwan, yang 30 orang di antaranya telah ditahan ISIS. Kelompok ISIS juga membakar rumah-rumah dan menjarah toko-toko milik milisi Sunni pro-pemerintah.

Gedung Putih menyatakan, jatuhnya kota Ramadi ke tangan ISIS jelas merupakan kemunduran. Gedung Putih pun menjamin Baghdad bahwa pihaknya akan membantu pasukan Irak merebut kembali kota tersebut.

"Pesawat-pesawat kami sedang mengudara sekarang dan mencari target-target ISIL. Mereka akan terus melakukan itu sampai Ramadi direbut kembali," ujar juru bicara Gedung Putih Eric Schultz. ISIL merupakan nama lain dari ISIS.

Ribuan warga telah meninggalkan Ramadi sejak ISIS menyerang dan berhasil menguasai kota tersebut pada Minggu, 17 Mei waktu setempat. Belum diketahui berapa jumlah warga yang masih berada di Ramadi saat ini. Dulunya sekitar 850 ribu warga tinggal di kota tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar